Psikosomatis


Secara sederhana istilah psikosomatis bisa diartikan sebagai sebuah kondisi dimana pikiran mempengaruhi tubuh fisik.

Maka jika kita perhatikan pengaruh fikiran ini bisa positif bisa juga negatif, Bila pengaruhnya negatif, maka tubuh fisik menjadi sakit.

Gejala seseorang yang terkena penyakit psikosomatis benar-benar nyata dan dirasakan oleh penderitanya. Gejalanya mirip dengan sakit akibat faktor organik.

Contoh yang sangat sederhana, ketika Anda begitu khawatir – misalnya menghadapi suatu event yang anda tidak merasa siap , misal naik ke atas panggung -, maka tiba tiba perut anda menjadi mulas dan ingin buang buang air besar. Gejala yang sama Anda rasakan misalnya ketika anda salah makan seperti makan makanan terlalu asam dll.
Faktor Utama Penyebab Penyakit Psikosomatis

Jika kita memahami sifat dan fungsi pikiran yang salah satunya adalah bahwa pikiran bawah sadar melindungi diri kita (fisik dan pikiran sadar) menurut cara, strategi, mekanisme atau logikanya sendiri,

Maka kita bisa memahami bahwa gejala tubuh fisik yang diakibatkan dari pikiran pada prinsipnya adalah merupakan response dari proses dari pikiran bawah sadar yang sedang berusaha “melindungi”.

Seorang yang tertekan akibat masalah keuangan keluarga dan tekanan hidup yang sangat besar kemudian menjadi sakit, bisa kita pahami sebagai upaya agar dia terlepas dari peran untuk menanggung beban tersebut. Jika sakit, maka orang bisa memakluminya. Tentu saja semuanya bekerja dalam tataran pikiran bawah sadar.

Yang baru saya paparkan adalah salah satu dari penyebab penyakit psikosomatis. Menurut Adi W. Gunawan dalam buku MindBody Medicine, ada 15 faktor utama penyebab penyakit psikosomatis:
Motivasi
Memory Sakit
Konflik
Imprint
Sugesti Diri
Identifikasi
Pengalaman masa lalu yang belum terselesaikan
Masalah saat ini yang belum terselesaikan
Organ language
Menghukum diri sendiri
Ego state
Identofact
Alter
Mimpi
Stress
Hipnoterapi Untuk Penyakit Psikosomatis

Teknik hipnoterapi yang digabungkan dengan teknik EFT atau Emotional Freedom Technique merupakan teknik penyembuhan penyakit psikosomatis yang telah dirasakan sangat efektif.

Hipnoterapi dan EFT atau Hypno-EFT ini selain untuk menyembuhkan penyakit psikosomatis, juga sangat ampuh dalam mengatasi kebiasaan buruk, seperti suka menunda-nunda, kecanduan rokok, makan berlebihan dll.


hipnoterapi eft tapping point

Demikian informasi yang dapat kami sajikan, di blog ini. Apabila ada saran dan kritik dapat di sampaikan ke blog ini

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s