Jemput bola dimanapun dia berada


” jemput bola “, mendengar istilah ini kita sudah tidak asing lagi. Dalam istilah sepak bola jemput bola mempunyai arti dalam main bola kita tidak boleh menunggu. Sehingga kesempatan atau peluang yang tercipta dapat membuahkan hasil cemerlang.  Istilah ini kemudian berkembang di dunia marketing, dan apa sebenarnya makna dari “Jemput Bola” dalam berbisnis atau berdagang?
Jemput = Mendatangi, Mencari
Bola = Customer, Pelanggan
Jemput Bola = Mendatangi/ Mencari Pelanggan.

Ada sebuah contoh, seorang pedagang es potong akan berkeliling kampung / perumahan untuk menjajakan es potongnya sambil berteriak “Eees Eees!” atau memukul bel “Tiing Tiing!”. Yap, ini bisa disebut seorang penjual es sedang melakukan aksi “Jemput Bola”, karena tukang es itu melakukan aksi mendatangi/ mencari pelanggan.

Sebuah contoh lagi, seorang tukang pijat urat yang buta menyuruh orang untuk memasang spanduk bertuliskan “Tunanetra Ahli Pijat Urat Berijazah!” apakah tindakan seperti ini dapat disebut “Jemput Bola”? Padahal tukan pijat itu tidak melakukan aksi mendatangi/ mencari pelanggan?

Mari kita kembali ke pertanyaan pada awal posting ini “mendatangi customer, atau customer yang mendatangi kita?”

Sebenarnya, sudah bisa dikatakan kita telah melakukan aksi “Jemput Bola” apabila customer/ pelanggan telah mendatangi warung, toko, atau website kita. Mengapa begitu? Karena maksud dan tujuan dari aksi “Jemput Bola” adalah Mendatangkan Pelanggan.

Apapun cara dan jalannya, asal pelanggan datang ke tempat kita berjualan, berarti kita berhasil “Menjemput Bola”, bahkan lebih dari itu, kita berhasil “Mendatangkan Bola”. Justru “Jemput Bola” dapat dikatakan SUKSES bila cara yang ditempuh EFEKTIF, EFISIEN, dan Menghasilkan Banyak BOLA.

Sehingga disini kita dapat menyimpulkan, arti dari “Jemput Bola” adalah Mendatangi/ Mencari Pelanggan (dengan cara apapun yang efektif tanpa harus mengeluarkan banyak tenaga) . Dalam bisnis online, kita bisa menjemput bola dengan cara sering-sering promosi di situs-situs iklan baris gratis, serta banyak melakukan komentar pada blog rekan-rekan kita.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s